Monday, June 22, 2009

A/an dan The

Dalam bahasa Inggris dikenal ada dua jenis artikel. Artikel yang dimaksud adalah “A/an” dan “the”. Kegunaan artikel ialah untuk mempertegas adanya kata benda (noun) yang dimaksud. Walaupun memiliki kegunaan yang sama sebagai penegas adanya kata benda (noun), artikel ”a/an” dan ”the” sangat berbeda penerapannya.

”a/an” ialah artikel yang digunakan untuk menerangkan adanya kata benda tunggal (singular countable noun) dan yang perlu ditegaskan adalah menjelaskan sebuah benda (noun) yang belum terdefinisi secara pasti.
Contoh :
I need to buy a book.
(maksud kalimat adalah saya ingin membeli sebuah buku apa saja tetapi saya belum mengetahui buku apa pastinya yang akan saya beli).


I need to buy an English book.
(maksud kalimat adalah saya ingin membeli sebuah buku tentang bahasa Inggris tetapi jenis buku baik ragam maupun penulis serta penerbitnya belum saya ketahui secara pasti).


Selain itu, penggunaan “A/an” tidak dilakukan berdasarkan huruf vokal (a, i, u, e, o), melainkan pada bunyi huruf vokal meskipun huruf sebenarnya adalah konsonan.
Contoh :
John is looking for a university where he can play football.
Bila berpedoman pada huruf vocal (a, i, u, e, o) semata, seharusnya tertulis an university. Tetapi kata “university” memiliki bentuk pengucapan seperti “(y)university”. Jadi cermati kapan seharusnya “a/an” diterapkan dalam kalimat.

“the” digunakan pada benda tunggal (singular countable noun) maupun jamak (plural countable noun) serta pada benda yang tak dapat dihitung (uncountable noun) dan perlu dipertegas adalah digunakan pada benda yang telah diketahui secara pasti bentuk, ragam dsb-nya.


Contoh :
The newspaper I want is Media Indonesia.
(maksud kalimat di atas adalah koran yang saya perlukan sudah saya ketahui secara pasti baik itu bentuk, ragam, jenis dsb-nya yakni Media Indonesia).

Kegunaan “the” tidak hanya sebagai penegas keberadaan kata benda (noun) semata, terdapat banyak sekali fungsi “the” pada tata bahasa Inggris. Lebih lengkap mengenai kapan ”the” digunakan, akan dibahas pada materi-materi berikutnya.

Selamat belajar.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home