Friday, June 5, 2009

Tenses


Dalam mempelajari Bahasa Inggris, bentuk waktu (tense) merupakan masalah yang kerapkali menjadi hal tersulit. Ini merupakan titik pembeda (differential point) antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris.

Contoh :
 Saya pergi ke pasar kemarin.
Kata kerja (verb) pergi, dalam Bahasa Indonesia tidak mengalami perubahan bentuk kata kerja, baik digunakan untuk kalimat lampau, saat ini, maupun mendatang.
Bandingkan dengan,
 They go to the market.
Kata kerja go dalam kalimat di atas digunakan untuk menunjukkan bahwa maksud kalimat tersebut adalah sekarang saya pergi ke pasar. Dari kata kerja go tersebut, kita dapat mengetahui kapan mereka pergi ke pasar tanpa harus dijelaskan dengan gamblang keterangan waktunya.
Tetapi kata kerja go akan mengalami perubahan bentuk kata kerja manakala bentuk waktu berubah.
 They went to the market.
Kata kerja went merupakan bentuk lain dari kata kerja go. Went digunakan sebagai pengganti go bila maksud kalimat adalah kejadian di masa lampau/ telah berlalu.

Dengan demikian, pemahaman berbagai bentuk waktu (tense) mensyaratkan pemahaman utama terhadap berbagai bentuk kata kerja.
Untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik dan benar, dibutuhkan setidaknya lima bentuk waktu (tense) dasar yakni :
1. Simple Present tense
2. Simple Past tense
3. Simple Future tense
4. Present Continous tense
5. Present Perfect tense


Kelima bentuk waktu tersebut mutlak dipahami agar dapat diterapkan secara tepat dan baik dalam Bahasa Inggris tertulis (written) maupun lisan (spoken). Sementara itu, keberadaan sejumlah bentuk waktu (tense) semisal past contonous tense, past perfect tense, present perfect continous tense, future continous tense, future perfect continous tense, dll dapat dipahami dengan mudah bila kelima bentuk waktu (tense) dasar di atas telah dipahami dengan benar.

Selamat belajar !!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home